Rabu, 05 September 2018

Mengapa Kita Perlu Berbicara Tentang Depresi Selama Kehamilan

Ketika Sepideh Saremi, 32 tahun, mulai sering menangis dan merasa murung dan lelah selama trimester kedua kehamilannya, dia hanya menorehkannya untuk mengganti hormon.

Dan, sebagai ibu pertama kali, ketidakbiasaannya dengan kehamilan. Namun, setelah berminggu-minggu berlalu, Saremi, seorang psikoterapis di Los Angeles, melihat lonjakan kegelisahannya, suasana hati yang merosot, dan perasaan keseluruhan bahwa tidak ada yang penting. Tetap saja, terlepas dari pelatihan klinisnya, dia menepisnya sebagai stres sehari-hari dan bagian dari kehamilan.

Pada trimester ketiga, Saremi menjadi sangat sensitif terhadap segala sesuatu di sekitarnya dan tidak bisa lagi mengabaikan bendera merah. Jika dokternya mengajukan pertanyaan-pertanyaan rutin, dia merasa seperti dia sedang memarahinya. Dia mulai berjuang dengan semua interaksi sosial yang tidak terkait dengan pekerjaan. Dia menangis sepanjang waktu - “dan tidak dalam cara klise, hormonal-hamil-wanita,” kata Saremi.
Depresi selama kehamilan bukanlah sesuatu yang Anda bisa ‘melepaskan diri’

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) dan The American Psychiatric Association (APA), antara 14 dan 23 persen wanita akan mengalami beberapa gejala depresi selama kehamilan. Tapi kesalahpahaman tentang depresi perinatal - depresi selama kehamilan dan setelah melahirkan - dapat membuat sulit bagi perempuan untuk mendapatkan jawaban yang mereka butuhkan, kata Dr Gabby Farkas, seorang terapis yang berbasis di New York yang mengkhususkan diri dalam masalah kesehatan mental reproduksi.

“Pasien memberi tahu kami sepanjang waktu bahwa anggota keluarga mereka memberi tahu mereka untuk 'melepaskannya' dan menyatukan diri,” kata Farkas. “Masyarakat pada umumnya menganggap bahwa kehamilan dan melahirkan bayi adalah periode paling bahagia dari kehidupan seorang wanita dan itulah satu-satunya cara untuk mengalami hal ini. Padahal faktanya, wanita mengalami seluruh spektrum emosi selama ini. ”
Rasa malu mencegah saya untuk mendapatkan bantuan

Bagi Saremi, jalan untuk mendapatkan perawatan yang tepat adalah panjang. Selama salah satu kunjungan trimester ketiga, dia mengatakan dia mendiskusikan perasaannya dengan OB-GYN-nya dan diberitahu bahwa dia memiliki salah satu nilai terburuk pada Skala Depresi Pascakelahiran Edinburgh (EPDS) yang pernah dia saksikan.

Tetapi ada bantuan untuk depresi selama kehamilan, kata Catherine Monk, PhD dan profesor Psikologi Medis (Psikiatri dan Obstetri dan Ginekologi) di Universitas Columbia. Selain terapi, katanya, aman untuk menggunakan antidepresan tertentu, seperti inhibitor reuptake serotonin selektif (SSRI).

Saremi mengatakan dia membahas hasil tes dengan terapisnya, yang telah dilihatnya sebelum dia hamil. Tapi, tambahnya, dokternya sama-sama menulisnya.

“Saya merasionalisasi bahwa kebanyakan orang berbohong di layar, jadi skor saya mungkin sangat tinggi karena saya satu-satunya orang yang jujur ​​- yang konyol ketika saya memikirkannya sekarang. Dan dia pikir saya tidak terlihat depresi [karena] saya tidak melihatnya dari luar. ”
"Rasanya seperti lampu mati di otak saya"

Tidak mungkin seorang wanita yang mengalami depresi selama kehamilannya secara ajaib akan merasa berbeda setelah bayinya lahir. Bahkan, perasaan itu bisa terus berlanjut. Ketika putranya lahir, Saremi mengatakan dengan cepat menjadi jelas bahwa dia dalam situasi yang tidak berkelanjutan ketika datang ke kesehatan mentalnya.

“Hampir segera setelah kelahirannya - ketika saya masih di ruang bersalin - rasanya seperti semua lampu mati di otak saya. Saya merasa seperti saya sepenuhnya diselimuti awan gelap dan saya bisa melihat di luar itu, tetapi tidak ada yang saya lihat masuk akal. Saya tidak merasa terhubung dengan diri saya sendiri, apalagi bayi saya. ”

Saremi harus membatalkan foto yang baru lahir karena dia mengatakan dia tidak bisa berhenti menangis, dan ketika dia tiba di rumah, dia kewalahan oleh "pikiran menakutkan yang mengganggu."

Takut sendirian dengan putranya atau meninggalkan rumah bersamanya sendiri, Saremi mengaku dia merasa putus asa dan putus asa. Menurut Farkas, perasaan ini umum di antara wanita dengan depresi perinatal dan penting untuk menormalkan mereka dengan mendorong wanita untuk mencari bantuan. "Banyak dari mereka merasa bersalah karena tidak merasa bahagia 100 persen selama waktu ini," kata Farkas.

“Banyak perjuangan dengan perubahan besar yang dilakukan bayi (misalnya hidup saya bukan tentang saya lagi) dan tanggung jawab apa artinya merawat manusia lain yang sepenuhnya bergantung pada mereka,” tambahnya.
Sudah waktunya untuk mendapatkan bantuan

Pada saat Saremi memukul satu bulan postpartum, dia sangat lelah dan lelah sehingga dia berkata, "Saya tidak ingin hidup."

Dia benar-benar mulai mencari cara untuk mengakhiri hidupnya. Pikiran untuk bunuh diri adalah intermiten dan tidak tahan lama. Tetapi bahkan setelah mereka lulus, depresi tetap ada. Sekitar lima bulan pascapersalinan, Saremi mengalami serangan panik pertamanya selama perjalanan belanja Costco dengan bayinya. "Saya memutuskan saya siap untuk mendapatkan bantuan," katanya.

Saremi berbicara dengan dokter perawatan primernya tentang depresinya, dan senang mengetahui bahwa dia profesional dan tidak menghakimi. Dia merujuknya ke terapis dan menyarankan resep untuk antidepresan. Dia memilih untuk mencoba terapi pertama dan tetap pergi seminggu sekali.
Intinya

Hari ini, Saremi mengatakan dia merasa jauh lebih baik. Selain kunjungan dengan terapisnya, dia yakin untuk mendapatkan tidur yang cukup, makan dengan baik, dan meluangkan waktu untuk berolahraga dan melihat teman-temannya.

Dia bahkan memulai Run Walk Talk yang berbasis di California, sebuah praktik yang menggabungkan perawatan kesehatan mental dengan terapi berjalan, berjalan, dan bicara yang penuh perhatian. Dan untuk ibu hamil lainnya, dia menambahkan:

Pikirkan Anda mungkin berurusan dengan depresi perinatal? Pelajari cara mengidentifikasi gejala dan mendapatkan bantuan yang Anda butuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar